Wednesday, April 14, 2010

Adakah waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat???

ertanyaan ini datang dari temen saya, dia menanyakan apakah ada waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat. Maka dengan segala keterbatas saya mencoba untuk memberikan keterangan singkat terkait hal di atas, buat insane afwan can baru bales, soale kmarin lg safar di jalan trus baru smpet buka2 kitab juga.

1. Emang ada koq waktu2 diharamkannya shalat dalam ktb Fiqih nya Abu Syuja' ada pembahasan ringkas ttang ini dalam bab: "Lima waktu yg dilarang untuk menunaikan shalat kecuali shalat2 yg punya sebab". Kapan saja waktu2 itu?? Demikian penjelesannya:

a. Syarat sholat: yaitu setiap sholat yg tdk punya sebab (misal: shalat sunnah mutltak), jg sholat yg pnya sebab muta-akhir (sperti: sholat istikhoroh dan ihrom). Artinya klu sebab nya ini mendahului (mutaqoddim) dari shalat yg dilakukan pada waktu2 ini seperti akan melakukan shalat yg terlewat (qadha') maka sholatnya sah, ato sebabnya itu berbarengan dg plakasanaan shalat sperti khusuf maka shalatnya jg sah dilakukan pada waktu2 ini. Pengecualian, waktu2 ini tdk berlaku di tanah suci Mekkah.
b. Waktu2 yg dilarang dibagi jd dua:
a. dilarangnya shalat di situ berkaitan dg waktu, ada 3: ketika terbit matahari hingga meninggi kira2 satu tombak (panjangnya krg lebih 7 dzira' dipenglihatan mata), kemudian ketika istiwa' (kira2 matahari di atas kepala dan waktunya sangat sempit) hingga tergelincir, kemudian yg terakhir pd waktu mendekati maghrib (istilah fiqihnya waktu ishfiror) hingga terbenamnya matahari.
b. dilarangnya shalat disini berkaitan dengan pekerjaan seorang, ini ada dua: setelah melaksanakan shalat ashar hingga maghrib kemudian setelah melaksanakan shalat shubuh. (lihat: al-Yaqut an-Nafis oleh sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiri)

2. Untuk makna hadistnya, itu kan berkaitan dg pembahasan waktu ini can… jadi maksud tanduk syetan itu ya kepalanya syetan, biar dibilang ketika sujud itu sujudnya pada syetan. Ada juga pendapat bahwa yg dimaksud itu adalah pengikut2nya syetan karena mereka sujud pd syetan di waktu-waktu ini (hasyiah al-Bayjuri juz1)..

Mudah-mudahan mafhum, jika ada keterangan yang kurang mafhum bisa dikomenin, atas kunjungan temen-temen untuk menyempatkan mengoreksi jawaban ini saya ucapin jazakallah khairul jaza’, mari kita saling berbagi ilmu untuk meningkatkan kualitas keimanan kita.
wallahua'alam.

Tarim, 08/04/2010


No comments: