Thursday, August 4, 2016

Dar Al Hajar



Dar Al Hajar (rumah batu) terletak di lembah Dzohr, yang merupakan salah satu tempat rekreasi di Sana yang tepatnya terletak di Barat Laut dari kota Sana’a sekitar 14 km, yang selama ini dikenal dengan topografinya yang megah, serta kebun-kebun sayur berbagai anggur. Satu hal lain yang menambah keindahan dan kemegahannya, adalah dbiangunya rumah yang indah di atas batu, yang dikmudian hari dikenal luas dengan Dar Al Hajar atau rumah batu, rumah ini dibangun di atas batu granit pada abad ke-18 Masehi.


Dar al-Hajar ini telah dirancang di atas reruntuhan sebuah ma’bad kuno pada abad 8 H oleh Ali binSaleh al-Amari, yang terkenal dengan kemahirannya dibidang arsitek, astronom, dan juga memiliki pengetahuan yang luas. Dia adalah seorang ilmuan yang terpelajar yang juga merancang banyak rumah, tetapi yang paling fenomenal adalah Dar al-Hajar ini, yang tetap menjadi kebanggaan hingga bertahun-tahun, sampai Imam Yahya bin Humaid ad-Din menambahkan lantai atas (al-Mufraj).


Dar al-Hajar menawarkan tujuh tingkat lantai yang tinggi dan harmonis dalam paduan konfigurasi batuan alam yang mereka bangun, sehingga menunjukkan sang desainernya dalam merancang struktur yang tepat, Dar al-Hajar juga dikombinasikan dengan keserasian alam yang pada akhirnya wujudlah sepotong seni arsitektur indah.


Bukan satu hal yang mengherankan jika Dar al-Hajar merupakan tujuan wisata yang popular untuk dikunjungi yang mana pintunya selalu terbuka bagi para turis untuk menikmati suatu maha karya seni arsitektur.

No comments: